Monthly Archives: May 2020

bandwidth hosting

Faktor yang Memengaruhi Bandwidth Hosting dan Tips Menghemat Kapasitasnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah bandwidth hosting? Sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia digital dan website, Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini, bukan? Pada umumnya, bandwidth merupakan istilah untuk volume data yang dapat ditransfer atau dikirimkan dalam setiap unit waktu.

Bandwidth yang ditawarkan oleh pihak web hosting murah kabarnya memiliki kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Begitu juga sebaliknya ketika membeli bandwidth dalam kecepatan besar.

Baca juga : hosting murah unlimited klik disini ya

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi bandwidth hosting beserta tips untuk menghemat kapasistas bandwidth itu sendiri:

Faktor yang Memengaruhi Bandwidth

Pada umumnya, bandwidth yang bisa Anda dapatkan dari web hosting memiliki satuan bytes/detik. Dengan satuan tersebut, Anda bisa mengetahui jumlah masukkan atau input atau juga output dari sebuah alat yang ada (I/O). Nah, berikut ini adalah tiga faktor yang ternyata dapat memengaruhi bandwidth hosting:

1. Penampilan Website

Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda telah memiliki sebuah web hosting yang murah dan juga website yang Anda miliki sudah diakses oleh orang lain, maka Anda juga bisa kehilangan Bandwidth sebesar halaman yang sedang Anda akses saat ini. Mengapa demikian?

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa sebuah website yang berisikan konten seperti gambar atau juga video cenderung akan menghabiskan lebih banyak bandwidth dibandingkan dengan website yang hanya berisikan tulisan. Untuk itu, kontrol website yang ada dengan bandwidth yang sudah digunakan untuk menyesuaikan penggunaan bandwidth yang Anda miliki.

2. Aktivitas Mengunggah dan Mengunduh

Poin berikutnya ini tidak begitu jauh dengan poin pembahasan yang sebelumnya. Kegiatan mengunggah (upload) dan mengunduh (download) tentu akan memakan data yang sangat besar sekaligus akan mengurangi ketersediaan bandwidth yang Anda miliki dalam akun Anda.

Baca juga : Tips SEO expert mudah di pahami

Sama seperti yang telah dibahas sebelumnya, jangan lupa untuk selalu mengontol dan menghemat penggunaan bandwidth yang sudah dibeli. Gunakanlah bandwidth yang didapatkan dari web hosting murah saat memang benar-benar diperlukan. Secara tidak langsung, Anda juga sudah mengontol pengeluaran yang Anda miliki.

3. SMTP dan POP3

Faktor yang memengaruhi bandwidth hosting selanjutnya adalah SMTP dan juga POP3. Untuk lebih jelasnya, jika Anda menggunakan email klien seperti halnya pada outlook, maka bisa jadi Anda akan menggunakan bandwidth dalam kapasitas besar.

Bagaimana pun juga, aktivitas tersebut berkaitan dengan penerimaan dan pengiriman email yang ada. Bahkan ketika Anda harus melampirkan file juga kapasitas bandwidth akan berkurang.

Tidak sedikit orang yang mengeluh karena bandwidth yang mereka miliki di dalam akun cepat sekali habis. Hal tersebut dikarenakan, bandwidth telah diperoleh dari web hosting murah yang tentunya akan berpengaruh pada kecepatan loading. Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa tips untuk menghemat kapasitas bandwidth yang ada:

Tips Menghemat Kapasitas Bandwidth

Seperti yang sudah kita pahami bersama bahwa bandwidth merupakan jumlah transfer data yang berasal dari sebuah web hosting. Biasanya, bandwidth murah yang didapatkan dari web hosting tertentu seringkali cepat habis meski ketika Anda sedang tidak menggunakan akses ke internet. Maka, bukan menjadi hal yang mengherankan jika sampai saat ini bandwidth hosting memiliki kapasitas terbatas. Untuk itu, perhatikanlah tips menghemat kapasitas bandwidth berikut ini:

1. Encoding Zip

Setelah Anda selesai melakukan pembelian bandwidth dari sebuah web hosting, Anda bisa menerapkan langkah yang satu ini. Ya, encoding zip bisa dilakukan bagi Anda yang ingin melakukan penghematan pada akun bandwidth. Selain itu, tindakan ini juga bisa dilakukan dengan cara manual yang tentu saja sangat mudah untuk dilakukan.

Cukup tambahkan encoding yang sudah berbentuk zip pada header website Anda. Atau Anda juga bisa melakukannya melalui file .htaccess yang nantinya akan memberikan keuntungan berupa loading situs yang jauh lebih ringan.

2. Catching Method

Tips berikutnya untuk menghemat bandwidth hosting adalah dengan catching method. Apa maksudnya? Metode yang satu ini bisa dilakukan dengan cara membuat sebuah file baru yang ada dalam bentuk website sehingga nantinya Anda mampu mengoptimalisasi kinerja yang ada dari CSS/JavaScript. Kondisi seperti ini tentu akan memberikan kemudahan tersendiri bagi pengunjung website.

3. Compress CSS, JavaScript and Image

Tips untuk menghemat bandwidth yang terakhir adalah dengan memanfaatkan berbagai jenis website yang ada pada mesin pencarian untuk mengecilkan ukuran file (compress). Dengan begitu, file akan lebih mudah untuk diunggah pada suatu website karena telah memiliki ukuran yang jauh lebih kecil setelah terkompres.

Anda mungkin pernah mendengar kabar mengenai kapasitas bandwidth hosting yang tidak terbatas. Padahal, nyatanya bandwidth dengan kapasitas besar hanya akan memakan banyak sumber daya server seperti memori atau harddisk.